Breaking News
Loading...
Sunday, October 13, 2013

(REVIEW) : Duet Afgan & Vidi Aldiano, di Konser Masterpiece Erwin Gutawa

Afgan & Vidi (@ Konser Masterpiece Erwin Gutawa)
MusicZoneID - Kali ini saya mencoba me-review duet soloist muda Indonesia yang suaranya sangat easy listening yaitu Afgan dan Vidi Aldiano. Keduanya memang bukan penyanyi baru di blantika musik Indonesia, namun diusia yang masih sangat muda belia Afgan dan Vidi berhasil menempatkan dirinya sebagai penyanyi yang memiliki kelas tersendiri bagi para pecinta musik Indonesia.

Sudah beberapa hari ini saya selalu memutar video yang berjudul “Afgan & Vidi Aldiano Tribute to Chrisye” di salah satu situs penggungah video (youtube.com). Tidak tahu kenapa hati ini langsung tertambat dengan video yang berdurasi 20:48 menit ini, yang pasti bukan karena saya yang sedang galau atau tiba-tiba saya berubah menjadi sosok yang melankolis tetapi, memang karena di video tersebut keduanya tampil begitu sangat memukau.

Tampil dengan membawakan beberapa lagu hits milik Alm.Chrisye, Afgan dan Vidi  berhasil menghiptonis jutaan pasang mata yang hadir di Konser Masterpiece Erwin Gutawa kala itu. Ditambah dengan karya-karya Almarhum Chrisye yang masih abadi sampai hari ini. Di video itu sangat jelas sekali bagaimana sosok Afgan dan Vidi sebagai penyanyi muda berprestasi dengan bakat dan kualitas yang tidak kalah dengan para seniornya. Pasalnya, di konser yang bertajuk Masterpiece of Erwin Gutawa Concert, 26 Februari 2011 lalu keduanya bersanding dengan para musisi senior seperti Iwan Fals, Rossa, Lea Simanjutak, Once Mekel dan beberapa pengisi acara lainnya.

Menurut saya, penampilan Afgan dan Vidi merupakan salah satu part yang paling berkesan dari Konser Erwin Gutawa malam itu. Diawali dengan lagu ‘untukku’ yang diiringi dentingan piano dari sang maestro Erwin Gutawa membuka duet maut ini. Lalu disambung dengan lagu ‘andai aku bisa’ yang dibawakan dengan penuh penghayatan oleh Afgan. 

Tidak kalah memukaunya Vidi Aldiano pun membalas dengan lagu ‘menjadi seperti yang kau minta’ dan disambung dengan lagu Baju Pengantin, Merpati Putih, Angin Malam, Cintaku, Serasa, Pelangi yang dibawakan secara duet. Penampilan keduanya malam itu mampu membius ribuan penonton yang memadati JCC Plenary Hall.  

Lalu jika banyak yang berkomentar jawaranya siapa, Afgan atau Vidi? Tentu masing-masing orang memiliki pendapatnya, ini masalah selera saja. Dari kacamata saya, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Afgan terkenal dengan suaranya yang tebal dan sangat ‘macho’sedangkan Vidi terkenal dengan suaranya yang jernih dan vibranya. Tetapi jika saya harus dipaksa memilih antara Afgan atau Vidi, saya harus berkata jujur jawaranya adalah si pelantun lagu jodoh pasti bertemu‘AFGAN’! Afgan, lebih bisa membuat setiap lagu yang dinyanyikannya terdengar begitu sangat dramatis dan menyentuh serta penghayatannya yang dalam. Walaupun begitu, Vidi juga tidak kalah bagus.

So, untuk saya pribadi keduanya malam itu saling melengkapi dan tampil sangat padu. Dan harus diakui pula, penampilan mereka bisa begitu mengagumkan karena tidak lepas dari 'polesan' sang maestro Erwin Gutawa yang pada malam itu bertindak sebagai sang komposer dan konduktor. Erwin berhasil membuat lagu-lagu Alm.Chrisye begitu terlihat dramatis dan begitu mewah tanpa tidak menghilangkan kesan kesederhanaan dari seorang Chrisye. Dukung terus musik Indonesia! INDONESIA BANGGA

Penasaran dengan video-nya? Check this out guys..

1 komentar:

Setelah dibaca, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Berkaitan untuk pertanyaan/ komentar yang mengandung SARA akan langsung dihapus. Dan bagi sobat MUSICZONEID yang ingin dikunjungi balik, jangan lupa untuk meninggalkan URL blognya. Terima kasih | musiczoneid.| Admin ♫ MUSICZONEID ♫

 
Toggle Footer